Tuesday 6 December 2011

Pengenalan BlankOn

Linux adalah sebuah distribusi Linux berbasis Ubuntu yang dikembangkan oleh tim pengembang BlankOn Indonesia dengan dukungan dari Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI).

Daftar isi

Tujuan

Tujuan pengembangan distro Linux BlankOn adalah menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran, dan pemerintahan. BlankOn dikembangkan dengan dukungan multimedia seperti mp3, vcd, dan dvd. BlankOn didesain dengan tampilan grafis dan tema yang menampilkan ciri khas Indonesia. Pengembangan BlankOn akan terus dilakukan secara terbuka kepada publik. Kegiatan pengembangan ini diharapkan dapat menghasilkan rilis BlankOn satu hingga dua kali dalam setahun.

Nama

BlankOn adalah tutup kepala khas beberapa suku/budaya di Indonesia, antara lain suku Jawa (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur), suku Sunda (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Barat dan Banten), suku Madura, suku Bali, dan lain-lain.
BlankOn juga berarti blank (bilangan biner 0) dan on (bilangan biner 1) atau topi digital (modern) dengan tampilan klasik (kuno). Arti lain kata BlankOn adalah perubahan dari blank (kosong) menjadi on (menyala atau berisi).[2] Arti filosofi BlankOn adalah harapan agar pengguna distro BlankOn berubah dari belum sadar (kosong) menjadi sadar (berisi) bahwa ada Linux yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan skill di bidang TI, martabat, dan kemandirian bangsa Indonesia.[2]
BlankOn diharapkan dapat menjadi penggerak (activator) atau meningkatkan motivasi masyarakat Indonesia untuk menggunakan dan mengembangkan Linux dan FOSS lainnya. BlankOn juga sebagai pelindung (tutup kepala) dari ketergantungan terhadap perangkat lunak proprietary.

Rilis

Logo lama BlankOn
Tampilan Compiz di BlankOn Lontara

BlankOn 1.0

Nama kode : Bianglala

BlankOn 2.0

Nama kode : Konde- Dirilis 15 November 2007

BlankOn 3.0

Nama kode : Lontara- Dirilis 27 April 2008

BlankOn 4.0

Nama kode : Meuligoe- Dirilis 15 November 2008

BlankOn 5.0

Nama kode : Nanggar- Dirilis 16 Juni 2009

BlankOn 6.0

Nama kode : Ombilin- Dirilis 4 Juli 2010

BlankOn 7.0

Nana kode : Pattimura- Dirilis 17 Agustus 2011[3]

Pengembang

Tampilan GIMP di BlankOn Meuligoe
Tampilan OpenOffice di BlankOn Lontara
Setelah menghadirkan BlankOn versi 1 yang berbasis Fedora Core, YPLIdan Komunitas Ubuntu Indonesiamengembangkan BlankOn versi 2 (dengan kode nama "Konde") yang berbasiskan UbuntuLinux. Informasi lebih lengkap bisa dilihat di wikipediapengembangan BlankOn dan selalu terbuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin terlibat dan berperan aktifdalam pengembangan BlankOn.
BlankOn Linux versi 1.0 dan versi 2.0 ini disponsori oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) dan beberapa lembaga lainnya.[4]

YPLI

Sebuah organisasi yang bergerak dalam pengembangan perangkat lunak dan sumber daya manusia dibidang Linux dan perangkat lunak bebas di Indonesia.
Dengan menghadirkan filosofi, kemudahan, dan kehandalan yang ditawarkan Ubuntu Linux sebagai distribusi aslinya, BlankOn Linux dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.

Ubuntu-id

Komunitas Ubuntu Indonesia merupakan komunitas para pengguna Ubuntu yang dibentuk untuk membantu mempromosikan Ubuntu di Indonesia. Saat ini Komunitas Ubuntu Indonesiatelah secara resmi diakui sebagai Ubuntu Local Community (LoCo) Team oleh Ubuntu.

Pranala luar

Layar boot live cd di BlankOn Lontara

Referensi


0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management